Blog Amartha

Yuk jelajahi dan temukan info saldo, kisah inspiratif dari pengguna lain, serta tips mudah mengelola keuangan Anda.

Dengan omzet 700-800 rb per hari dari budidaya stroberi, Ibu Cuminah sudah bisa membeli motor dan juga membelikan kendaraan untuk anak ke sekolah.

Tambahan modal dari pendana baik Amartha, Ibu Wiwi gunakan untuk menyewa lahan dan memperbanyak jenis tanaman seperti cabe dan kopi.

Dalam sehari Ibu dan karyawannya bisa membuat anyaman rotan sebanyak 20-50 buah hingga 400 pcs dalam seminggu saat pesanannya membludak.

Apa Itu Saldo dan Manfaatnya?

Saldo adalah layanan uang elektronik dari Amartha yang dapat digunakan untuk semua transaksi pembayaran dalam AmarthaFin, baik pembayaran angsuran, pembelian produk digital, transfer dana, dll.



Apa Perbedaan Akun Basic dan Akun Premium?

Akun Basic, memiliki limit saldo sebesar Rp 2.000.000,- dengan limit akumulasi transaksi bulanan sebesar Rp 20.000.000,- Sementara
Akun Premium, memiliki limit saldo sebesar Rp 20.000.000,- dengan limit akumulasi transaksi bulanan sebesar Rp 40.000.000,-

Saldo Bisa Digunakan Untuk Transaksi Apa Saja?

  • Pembelian Pulsa / Paket Data
  • Beli Token Listrik / Bayar Tagihan Listrik
  • Bayar Tagihan PDAM
  • Bayar BPJS Kesehatan
  • Bayar Cicilan Kredit

<span data-metadata=""><span data-buffer="">Pertanyaan Populer Saldo

Panduan

  1. Pastikan aplikasi anda sudah versi terbaru
  2. Klik menu Saldo pada halaman utama aplikasi anda
  3. Klik “Daftar Sekarang”
  4. Baca syarat & ketentuan dengan seksama, dan klik “Setuju”
  5. Isi nama lengkap sesuai dengan KTP dan klik “Lanjut”
  6. Masukan Kode verifikasi/OTP
  7. Buat PIN Saldo Anda
  8. Proses registrasi berhasil
  1. Klik Upgrade pada landing page Saldo
  2. Baca informasi dan keterangan, klik “Upgrade Sekarang
  3. Mohon disiapkan e-KTP dan lakukan selfie dan klik “Mulai Lengkapi Data
  4. Pastikan NIK dan Nama lengkap sesuai KTP dan klik “Lanjutkan
  5. Baca instruksi cara foto e-KTP dan klik “Mulai Ambil Foto
  6. Beri Amartha akses ke kamera Anda dan klik “Oke
  7. Foto e-KTP sesuai instruksi, dan klik “Ya
  8. Baca instruksi cara foto Wajah/Selfie dan klik “Mulai Ambil Foto”
  9. Pastikan foto Selfie sesuai instruksi, dan klik “Ya, Gunakan”
  10. Konfirmasi Data Diri, dan klik Saya menyetujui Upgrade akun jadi Premium, dan klik Kirim
  11. Menunggu proses verifikasi 3×24 jam, dan klik “Oke Mengerti
  12. Apabila proses verifikasi berhasil, akan menerima notifikasi, dan muncul logo premium di homepage Saldo Anda
  • Pembelian Pulsa / Paket Data
  • Beli Token Listrik / Bayar Tagihan Listrik
  • Bayar Tagihan PDAM
  • Bayar BPJS Kesehatan
  • Top Up E-Wallet (DANA, GoPay, LinkAja, OVO, ShopeePay, BRIZZI, E-MONEY Mandiri) Bayar Cicilan Kredit

Caranya sangat mudah untuk dilakukan lewat Virtual Account Bank. Nah, ikuti langkah-langkah berikut:

Isi Saldo Lewat BRI Virtual Account
Gratis biaya admin! • Minimal. Transfer Rp10.000

  1. Buka Aplikasi AmarthaFin: Pilih menu “Isi Saldo”  
  2. Pilih Metode Isi Saldo by Amartha “BRI Virtual Account (BRIVA)”
  3. Salin Nomor VA: Klik “Salin Nomor Virtual Account” dan klik “Oke Mengerti”
  4. Buka Aplikasi Mobile Banking BRI
  5. Pilih Menu Bayar: Klik “BAYAR” atau “BAYAR TAGIHAN” 
  6. Pilih Virtual Account: Temukan pilihan “VIRTUAL ACCOUNT”
  7. Tempel Nomor VA: Tempel atau masukkan nomor Virtual Account yang sudah disalin
  8. Masukkan Jumlah: Isi jumlah saldo yang ingin ditambahkan
  9. Konfirmasi: Cek detail dan konfirmasi pembayaran
  10. Selesai: Anda akan menerima notifikasi bahwa saldo berhasil masuk
 

Isi Saldo Lewat BNI Virtual Account
Gratis biaya admin! • Minimal. Transfer Rp10.000

  1. Buka Aplikasi AmarthaFin: Pilih menu “Isi Saldo” dari halaman utama
  2. Pilih Metode: Pilih “BNI Virtual Account (BNI VA)”
  3. Salin Nomor VA: Klik “Salin Nomor Virtual Account” dan tekan “Oke mengerti”
  4. Buka Mobile Banking BNI: Akses aplikasi Mobile Banking BNI
  5. Pilih Menu Pembayaran: Pilih “BAYAR” atau “BAYAR TAGIHAN”
  6. Pilih Virtual Account: Temukan opsi “VIRTUAL ACCOUNT” di daftar layanan
  7. Tempel Nomor VA: Tempel atau masukkan nomor Virtual Account yang sudah disalin
  8. Masukkan Jumlah: Tentukan jumlah saldo yang ingin Anda top up
  9. Konfirmasi: Periksa detail transaksi dan konfirmasi pembayaran
  10. Selesai: Anda akan menerima notifikasi bahwa saldo sudah berhasil diterima

Caranya sangat mudah dan aman. Nah, ikuti langkah-langkah berikut:

Lewat Transfer Bank

  • Minimal Transfer Rp 11.000
  • Biaya Admin Transfer ke BRI : Rp 0 (Gratis)
  • Biaya Admin Transfer ke Bank Non-BRI : Rp 6.500

  1. Buka Aplikasi: Pilih menu “Saldo by Amartha” dan klik ikon “Transfer” (untuk akun Saldo Premium)
  2. Pilih Bank Tujuan: Pilih “Transfer ke Bank”, cari atau tambahkan rekening penerima
  3. Masukkan Detail: Isi bank tujuan, nomor rekening, dan nama penerima yang terdaftar di AmarthaFin
  4. Tentukan Nominal: Masukkan jumlah transfer dan klik “Lanjutkan”
  5. Konfirmasi: Periksa detail dan klik “Transfer”
  6. Masukkan PIN: Ketik 6 digit PIN Saldo by Amartha Anda
  7. Tunggu Notifikasi: Tunggu receipt transaksi dan notifikasi saat transfer berhasil
  8. Selesai: Anda akan mendapatkan notifikasi, Jika transfer berhasil

Saat ini Saldo sudah dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk berbagai transaksi dalam aplikasi AmarthaFIN

Pembayaran angsuran Amartha

  1. Buka Aplikasi AmarthaFin
  2. Pilih Menu “Angsuran” untuk masuk ke halaman “Buku Angsuran Digital”
  3. Pilih Angsuran yang akan Ibu bayarkan
  4. Periksa Riwayat pembayaran Ibu, dan klik “bayar angsuran” 
  5. Pilih jumlah angsuran yang akan ibu bayarkan dan klik “Lanjut”
  6. Periksa kembali info pembayaran yang akan dilakukan dan klik “Pilih pembayaran”
  7. Pilih “Saldo” sebagai metode pembayaran
  8. Klik “Gunakan Autodebit”
  9. Masukan 6 Digit PIN Saldo Anda
  10. Pembayaran berhasil! Ibu akan menerima notifikasi pembayaran

Pembayaran belanja produk digital (PPOB)

  1. Buka Aplikasi AmarthaFin, dan pilih salah satu jenis transaksi PPOB (Contoh pembelian pulsa)
  2. Masukan No handphone yang ingin di top-up pulsanya
  3. Pilih nominal pulsa yang diinginkan
  4. Perhatikan detail produk, apabila sudah sesuai klik “Lanjut”
  5. Pilih salah satu tujuan transaksi
  6. Klik “Pribadi” dan lanjut klik “Simpan”
  7. Pilih metode pembayaran dengan “Saldo” dan klik “Pilih:
  8. Masukan 6 Digit  PIN Saldo Anda
  9. Transaksi pembelian berhasil

Kendala

Pastikan telah menggunakan versi Aplikasi yang paling terbaru yang bisa didownload melalui Google Play, apabila masih tidak muncul dapat menghubungi layanan Amartha Care di:

Email: [email protected]

Pastikan nomor handphone yang akan terdaftar sudah sesuai dan dapat menerima SMS

Iya, Nomor Handphone yang terdaftar di Saldo harus sama dengan yang terdaftar pada aplikasi AmarthaFin, karena keduanya terhubung dalam Akun Aplikasi AmarthaFin

Demi keamanan PIN yang digunakan untuk login dan PIN Saldo harus dibedakan dan mohon untuk tidak memberitahukan PIN tersebut ke pihak lain

Tidak perlu khawatir Segera hubungi Amartha Care di Email: [email protected] untuk proses pemblokiran akun anda.

TRANSAKSI MUDAH, INVESTASI BISA Semua #JadiMudah